Selasa, 25 Oktober 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


MENINGKATKAN  KINERJA SISWA DALAM PENYUSUNAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG MELALUI PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO SISWA MAN YOGYAKARTA III KELAS XII IPS 2 SEMESTER 1                                                              TAHUN AJARAN 2010/2011


Oleh :Maryanta
Guru Ekonomi Akuntansi MAN Yogyakarta III


ABSTRAK


            Kinerja Siswa  merupakan hasil yang dicapai dan merujuk pada tindakan pencapaian serta pelaksanaan sesuatu pekerjaan yang diminta, indikator kinerja siswa dalam siklus akuntansi meliputi : (1) Ketepatan bentuk tabel, (2) Ketepatan pengisian tabel, (3) Ketelitian, (4) Kerapihan, (5) Ketepatan waktu pengumpulan tugas.  Portofolio sebagai kumpulan bahan pilihan yang dapat member informasi bagi suatu penilaian kinerja yang obyektif. Portofolio kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukkan usaha perkembangan dan kecakapan dalam suatu bidang akuntansi Penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang terdiri tahap : (1) Mencatat transaksi/dokuman  dalam jurnal khusus, (2) Melakukan posting dari jurnal khusus kebuku besar, (3) Membuat Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang, (4) Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang. Penelitian ini bertujuan: (1) ingin mengetahui cara meningkatkan kinerja siswa dalam penyusunan siklus akuntansi melalui penerapan penilaian portofolio siswa MAN Yogyakarta  III kelas XII  IPS 2 semester 1 tahun ajaran 2010/2011, (2) ingin mengetahui cara meningkatkan prestasi belajar  siswa MAN Yogyakarta III kelas XII IPS 2 semester 1 tahun ajaran 2010/2011.
            Penelitian termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri 3 siklus (siklus I, siklus II, Siklus III) setiap siklusnya terdiri: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Penilaian, Refleksi. Subyek penelitian kelas XII IPS 2 dengan obyek Siklus akuntansi perusahaan dagang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja siswa dalam penyusunan siklus akuntansi dapat ditingkatkan melalui penerapan penilaian portofolio siswa MAN Yogyakarta III kelas XII IPS 2 semester 1 tahun ajaran 2010/2011 dengan rata-rata peningkatan sebesar 18 %. Penerapan penilaian portofolio juga meningkatkan prestasi belajar/hasil belajar berupa pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 72 dengan peningkatan sebesar 65 %


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar